INOTEK AWARD 2022 TELAH SELESAI, ACS MERAIH PREDIKAT TERINOVATIF II

Dalam rangka mengembangkan inovasi sebagai sarana percepatan pembangunan di segala bidang di Provinsi Jawa Timur, Pemprov Jatim melalui Balitbang Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan ajang kompetisi Inotek Award Tahun 2022 setelah terhenti selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Sebelumnya, kompetisi ini selalu digelar tiap tahun sejak 2013 sampai dengan saat ini dan terus berkembang dengan mensinergikan program antara pusat dan daerah.

Suwanto selaku Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Bidang Inovasi Dan Teknologi Balitbang Provinsi Jawa Timur menjelaskan Inotek Award tahun 2022 ini dikelompokkan menjadi dua bagian, yang pertama kelompok umum dengan sasaran masyarakat, ASN dan perangkat daerah di Kabupaten maupun Kota dan yang kedua kelompok khusus yang sasarannya ditujukan kepada seluruh komponen di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Untuk kategori Inotek Award sendiri terbagi menjadi 5 macam, salah satunya kategori Inovasi Teknologi Berbasis Website / Mobile Apps, dimana Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo sebagai satu-satunya perwakilan inovator dari Kabupaten Ponorogo berhasil meraih penghargaan dengan predikat Terinovatif II dengan judul inovasi Angkutan Cerdas Sekolah pada kategori tersebut.

Sedikit informasi, ACS atau Angkutan Cerdas Sekolah merupakan program yang dicanangkan Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo untuk memberikan fasilitas gratis kepada masyarakat berupa layanan antar jemput siswa sekolah, khususnya bagi pelajar SMP yang notabene belum diperbolehkan pergi ke sekolah mengendarai kendaraan bermotor sendiri sehingga tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pelajar sekolah bisa dikurangi. Inovasi teknologi yang ada pada ACS ini berupa layanan website (https://simdishub.ponorogo.go.id/rut) yang menyajikan peta lokasi kendaraan Angkutan Cerdas Sekolah secara realtime, dimana para orangtua dari siswa bisa memantau secara langsung lokasi kendaraan ACS sehingga hal ini akan sangat membantu dan memberikan rasa aman dan tenang kepada orangtua siswa, juga dari pihak sekolah pun bisa mengetahui bahwa siswa nya sedang berada di perjalanan menuju ke sekolah masing-masing.

Tidak mudah bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo untuk bisa meraih penghargaan ini. Dimulai dari tahap seleksi, inovasi Angkutan Cerdas Sekolah bersaing dengan lebih dari 70 inovasi dari daerah lain di kategori Inovasi Teknologi Berbasis Website / Mobile Apps yang kemudian disaring menyisakan 15 inovasi, termasuk ACS. Pada tahap kedua, masing-masing inovator diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi dihadapan juri Inotek Award 2022 di Kantor Balitbang Prov. Jawa Timur dan hasilnya inovasi ACS lolos ke tahap tiga yaitu peninjauan inovasi di lapangan langsung oleh tim Inotek Award 2022.

Berkat kerjasama dan kekompakan dari seluruh jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo, melalui surat dari Balitbang Provinsi Jawa Timur nomor 070/3934/206.5/2022 tanggal 15 November 2022 tentang Upacara Penganugerahan Inovasi Daerah Dan Inovasi Teknologi Inotek Award Tahun 2022, inovasi Angkutan Cerdas Sekolah terpilih menjadi penerima anugerah inovasi daerah kategori Inovasi Teknologi Berbasis Website / Mobile Apps dengan predikat Terinovatif II. Semoga dengan penghargaan ini bisa menjadikan inovasi ACS lebih berkembang dan semakin dikenal dan diminati masyarakat serta mampu mendorong Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo untuk bisa menyajikan inovasi-inovasi baru kedepannya.