PEMBONGKARAN DENGAN ALAT BERAT BERDAMPAK PADA LALU – LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN, LLAJ DISHUB: SIAP AMANKAN

Ponorogo (20/03/2023) Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Provinsi Jawa Timur melaksanakan giat penertiban bangunan liar di atas sungai Desa Menggare, Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.

Berkoordinasi dengan Koramil Slahung, Polsek Slahung dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) giat dilaksanakan pukul 08:00 WIB di Balai Desa Galak Kabupaten Ponorogo. 17 bangunan liar yang berada di atas sungai berdampak pada sirkulasi air sehingga pada musim penghujan air tidak bisa langsung ke sawah, dan jika sampah menumpuk akan menimbulkan banjir, perbaikan irigasi ini juga bertujuan untuk memperkecil potensi meluapnya air ke permukaan jalan.

Sebagian warga telah membongkar secara mandiri setelah adanya Surat Peringatan (SP) namun ada beberapa bangunan yang harus di bongkar menggunakan alat berat kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan UU 17 Tahun 2019 tentang sumber daya air, dan perda No 7 Tahun 2007 tentang kemanfaatan tanah.

Penggunaan alat berat untuk pembongkaran beberapa bangunan liar di jalan raya Slahung membawa dampak Lalu – Lintas yang cukup besar sehingga Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo Bidang Pengendalian dan Operasi melaksanakan pengamanan jalan, dengan sistem buka dan tutup sehingga masyarakat umum pengguna lalu-lintas dan angkutan jalan berlalu – lalang secara bergantian walaupun sempat crowded dikarenakan tingginya volume lalu – lintas dari Pacitan-Ponorogo akhirnya lalu-lintas landai kembali, kegiatan berjalan secara sukses dengan kerjasama dari berbagai pihak terutama masyarakat yang sadar akan aturan yang berlaku.