OPERASI GABUNGAN DISHUB X SATLANTAS BERANTAS TRUK TAMBANG OVER MUATAN

Dinas Perhubungan bersama Satlantas Ponorogo menggelar operasi gabungan di jalur yang sering dilewati truk angkutan tambang (8/6/2023) sebagai tindak lanjut atas tingginya aduan masyarakat terkait truk yang tidak memasang penutup material dengan baik sehingga membuat banyak material jatuh yang berpotensi membahayakan pengguna jalan. Sebagaimana diketahui bahwa material tambang berupa pasir bisa sangat berbahaya bagi pengendara kendaraan bermotor karena dapat menyebabkan roda tergelincir jika pengendara tidak waspada. Sebagai langkah antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi, maka dilakukan lah operasi gabungan ini.

Operasi dilaksanakan dari Pos Polisi Mlilir menuju timur ke arah galian tambang. Sebelum operasi dimulai, dilakukan apel arahan perintah pimpinan (APP) di Pos Polisi Mlilir yang dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Bidang Pengendalian Operasi Lalu Lintas, Inspektur Kendaraan Laik Uji UPT Pengujian Kendaraan Bermotor beserta tim dari Satlantas. Operasi ini dilaksanakan dengan berfokus pada pemeriksaan kelengkapan kendaraan sesuai SOP seperti pemasangan penutup material, over dimensi pada bak truk, uji KIR, SIM dan sejenisnya.

Dari hasil operasi ini didapati beberapa truk angkutan tambang tidak bisa menunjukan dokumen-dokumen yang disyaratkan sehingga pihak satlantas memberikan sanksi berupa tilang ditempat. Sempat muncul kendala ketika petugas mengetahui bahwa ada beberapa truk angkutan tambang yang lolos dari pemeriksaan dengan mengambil jalur pintas, namun untungnya dengan sigap kendaraan tersebut berhasil diberhentikan oleh tim gabungan dan langsung diproses di lokasi.

Rencananya operasi gabungan penertiban truk angkutan tambang ini akan terus dilaksanakan dari waktu ke waktu sehingga harapannya tidak ada lagi truk yang melanggar peraturan serta keamanan dan ketentraman masyarakat dapat terjaga.