KENA GILIR, OPERASI DUM TRUK AREA SAMPUNG PETUGAS SIKAT 5 TRUK OVER DIMENSI

Selain memiliki budaya Reyog yang terkenal, Ponorogo juga mempunyai sumber daya alam yang melimpah, diantaranya pasir dan batu tras. Selama ini kedua bahan tersebut telah ditambang di beberapa titik lokasi di wilayah Ponorogo dan dikirim ke konsumen baik dari dalam daerah maupun luar daerah untuk bahan baku bangunan menggunakan truk tambang.

Meskipun penambangan pasir dan batu tras sudah memiliki izin dan dipantau agar tidak melebihi batasan-batasan yang telah diatur dan disepakati, nyatanya muncul masalah lain yang tidak dapat dihindari dan berdampak langsung kepada masyarakat, diantaranya jalan rusak akibat dilewati truk tambang, polusi debu akibat pemasangan penutup terpal yang kurang baik, juga material pasir yang jatuh disepanjang jalan yang dilalui yang dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Dalam rangka pengendalian operasional truk tambang di wilayah Ponorogo, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Satlantas Polres Ponorogo melaksanakan giat operasi truk tambang (20/06/2023) di salah satu lokasi yang menjadi banyak perhatian belakangan ini, yaitu area Sampung. Hasil operasi yang digelar di sepanjang Jalan Raya Sampung ditemui cukup banyak kendaraan truk yang memiliki dimensi melebihi aturan yang berlaku. Beberapa pengemudi truk tambang juga didapati belum memiliki SIM dan telat uji KIR & pembayaran pajak.

Kedepannya, operasi truk tambang ini akan terus dilaksanakan di wilayah-wilayah lain di Kabupaten Ponorogo sebagai langkah penertiban dan pengendalian agar pihak pengelola tambang lebih tertib dalam hal administrasi dan regulasi.